RSS

Children




            Mengajar anak-anak mungkin bagi stiap orang umumnya merepotkan , ribet dan tidak mengasyikkan. Tahukah kawan? saya ditawarkan untuk mengajar di Sekolah Dasar (SD) Padelegan I Pademawu Pamekasan oleh om saya yang menjadi kepsek disana. Yaah Om saya ini sudah menawari saya untuk ketiga kalinya dan saya langsung mengambil keputusan untuk mengiyakan tawaran om ini. Kenapa? Pertama adalah dorongan dari ibu dan saudara saya, kedua saya juga pengen banget ngerasain ngajar anak-anak setelah membaca tumblr seseorang yang sangat menginspirasi, entahlah saya sama sekali tak mengenalnya , akan tetapi tulisannya ituloh ngena banget dihati saya, kemudian alasan ketiga adalah karena kesempatan belum tentu datang lagi dan berkali-kali. Yah akhirnya pada hari minggu kira-kira pukul 19.56 saya mengiyakan tawaran Om saya, dan saya disuruh datang kesekolah pada keesokan harinya senin tgl 17 September 2012. Speechless, kagetlah campur aduk. Rumah jadi rusuh karena keributan saya.
Bisa nggak ya saya mengajar anak-anak Sd ini? Keesokan harinya pukul 06.37 wib saya di jemput om saya, kaget lagi. Aduh udah ditawarin praktek ngajar malah dijemput *jadi gaenak hati. Saya sebenernya adalah tipe wanita pemalu dan cool/ kharismatik *ngarep. Jadi sesampainya disekolah banyak yang liatin *ciye disangka teroris kali yak. Salaman sama guru-guru , banyak yang nanyain darimana ? banyak yang kaget juga eh ternyata anaknya ini dan itu. Pas yang buat saya ngedown ada seorang guru yang bilang ga mirip M ya?  Oh mirip H ya?
nggak ini kecil sendiri *curline TT_TT. Ikut upacara , saya merasa jadi guru itu enak. Pas jadi murid itukan harus tunduk sam guru. Kalo guru menurut saya pribadi itu enak serba enak. Ok well. Pertama kali saya masuk kelas 3B bersama kakak sukwan namanya Riska. Awalnya saya kira para sukwanan ini belum menikah, ternyata dugaan saya salah, malah mereka sudah punya anak semua kecuali yang cowok. Back to topic, ternyata sekolah ini brbeda dengan sekolah saya dulu, sd saya dulu cuma baca doa doang, tapi disini lengkap banget dan saya takjub *sekalii. Murid-muridnya lucu sekali, cantik dan ganteng, pinter-pinter juga, rata-rata semua muridnya aktif *lagi-lagi kagum :*.
Jam pertama adalah pelajaran matemtika tapi hanya mbak Riska aja yang ngajar, saya hanya duduk memperhatikannya mengajar murid kelas tiga. Kemudian di akhir pelajaran dikasih soal, lagi-lagi saya kagum karena dulu pas saya sd itu kerjasama sangat digencarkan tapi disini berbeda mereka dilatih untuk mengerjakan soal sendiri. Saya sangat senang mengajar dikelas ini tanpa disuruh banyak yang mengacungkan tangan ingin mengerjakan soal jawaban dipapan tulis tanpa harus saya panggil maju kedepan , saya sangat excited melihat mereka. Saya mengajar 2 jam, kemudian istirahat pukul 09.15. istirahat dikantor haus banget, masih canggung juga untuk minum disana ato sekedar kekantin. Akhirnya saya berusaha untuk tidak haus *mana bisa -_-. Bel masuk bunyi lagi pada saat itu saya sedng syikasik duduk dengan mbk Riska terus ada bapak-bapak nanya gitu , nawarin ngajar di kelas 4A, saya kira becanda eh ternyata saya beneran digiring ngajar pkn di kelas empat tersebut. Fuuh bingung mau ngajarin apa materinya juga uda ada, saya jelasin sedikit, kemudian saya suruh untuk menulis karena saya benar-benar kewalahan saking ramenya. Dua jam juga saya mengajar disini , kemudian istirahat disuruh nyari surat yang ada di komputer. Karena saya tidak tau letaknya saya jadi bingung beruntung ada mas Jimmy yang biasa mengendalikan kompi *dikata kambing kali ya. Okke dan akhirnya misi mengajar saya berhasil . saya pulang dengan diantar om saya ke rumah .
-----------------------------
selasa. . .

 Keesokan harinya saya berangkat kesekolah naik sepeda motor sendiri pukul 06.42 wib. Ternyata setiap hari selasa dan sabtu sekolah ini rutin mengadakan olahraga khusus murid *widiih lagilagi takjub. Hari selasa saya mengajar anak kelas satu, yang lucu ketika anak kelas 1 ini sedang ramai atau nakal, gurunya ngasi slogan contohnya begini : “Kelas satuuuu?” Saya patuuh , serempak anak-anak menjawab seperti itu. Hahaha lucu bukan, nah dikelas satu ini ada yang lebih lucu ketika ada petugas kesehatan masuk ke kelas, serempak anak kelas satu menangis terisak-isak, ada yang cuek bebek, ada yang masih ngga ngerti dsb. Lucu juga liatnya teringat dulu seperti mereka yang masih tidak tau apa-apa
. Kemudian saya disuruh ngutak ngatik komputer, jadi pas ga ngajar sampek mau pulang ga ngajar
-----------------------------------
kemudian ddi tempat parkiran...
“iiibuuuuuuuuuuuuuu Diiiiiiiiiiaaaaaaaaannnnnnn” seru sekumpulan gadis geng gengan. :DD
“ Ohh iya , liatin wajahnya satusatu, anak kelas empat yaa? Seruku
“bukan buu, kelas enam. Ayo bu ngajar di kelas enam ? sambil memelas #lebbay yang cerita.
“wah kelas enam yaa, kok tau nama ibu?
hheehe iya nanti yaa!”pake bahasa madura terus senyum mempesona. Hakhak
“iya bu, tau dari anak-anak. Beh ibu kok tau bahasa madura? Ibu orang mana ?” serempak introgasi
“-___- hahaha ibu orang bangkal, ada yang tau yaa?” cengengesan miris
“abbeehhhhhhhh ibu riyah keng acak bahasa -___- “ *ternyataaaa
“ iyaaa, yasudah ibu mau pulang ya, mampir ke rumah kalo mau.” Mengalihkan pembicaraan
“ iyaa buuuuuuuuu, assalamualaikum”
“waalaikumsalam wr. Wb

--------------------------------------------------------------------
Keesokan harinyaaaa. . . (rabu)
Saya tidak mengajar, pagi itu sampai istirahat, nganggur.com. kemudian seperti biasa bel istirahat berdering, saya istirahat didapur  dekat ruang guru, nah setelah bel istirahat selesai saya di tawari bapak Syahnal untuk mengajar anak-anak kelas 6c , pertama saya menolak, tapi karena bapak kepala sekolah menyuruh saya untuk mengajar dengan sigap saya sok.sok’an.
“Assalamualaikum” masuk kelas senyum berkharisma
“Waalaikumsalam bu guru”, jawab murid-murid serempak
“pelajaran apa hari ini? Ada yang kenal ibu nggak ?
“ bahasa daerah buu! , gak tau? Siapa bu?”
“waah bahasa madura yaa, baguus sekali. Nama ibu Dian Nulaila, panggil aja Dian .” dalam hati bagus banget guweh gaktau bhsa madura ngajarnya gmn ? #cool outside panic inside.
naah sekarang perkenalan dulu ya ibu pengen tau namanya satu satu.
---------------------------
Setengah jam kemudian.
“yasudah, biasanya ngapain kalo pelajaran bhsa madura?” dalam hati masih panik.
“baca sama nulis buu”
ohh ya sudah, mana sekretaris coba ditulis nnti kita bahas.
henning
-------------------------------
“Setelah beberapa jam kemudian karena gaduh dan gatau mau ngajar apalagi. Ayo mungkin ada pertanyaan  aapa saja . silahkan ?” *bingung
“buu saya mau tanya?Kapan burung bertelur?” namanya Abelt
“hahaha , ayo siapa yang bisa jawab? Nyengir geje
“abbeeh ibu, jhek guleh tanya k sampeyan buu ?” translate sendri :P
terus adaa temennya yang nyeletuk gitu. Byhaah -_-“ aneh-aneh aja nih anak.
jujur cerdas semua, salahku sih nanya apa aja boleh. Wkwkwkw
lucu kan ngajar anak SD
kemudian bel istirahat dan pulangggggggg
------------------------------------------------------------------
Kamis . . .
Saya berangkat dari rumah pukul 06.46 wib saya diantar oleh kanjeng mami yang mau kepasar naek odong-odong nggak ding becandaa. Sesampainya di sekolah , langsung deh di krubungi cewek-cewek cantik *murid saya sendiri #cakilah lebbay banget. Yaa sepertinya mereka menyukai saya. Duduk di depan lapangan, dihampirin minta di ajarin bu Dian. Akhirnya bapak Busahri meminta saya mengajar di kelas 6A. Wow banget kelasnya rame dengan cewek. Cowoknya banyak yang manut gitu. Kenalan, ngajarin matematika. Dan udah deh. Mereka sangat antusias dan ceriwis tapi suka dengernya. Meceritakan banyak hal yang ingin saya tahu. Dan saya banyak belajar dari mereka, tentaang keberanian, keaktifan, keceriaan, dan pengalaman lainnya. Setelah istirahat saya makan di kantin sekolah bersama mereka. Duduk di depan kantor ruang guru, setelah bel masuk berbunyi, saya di perebutkan oleh dua kubu kelas 6A dan 6C. Dan ternyata yang menang adalah kelas 6C. Saya mengajar bahasa indonesia , materinya tentang Taman safari di jakarta. Mereka menceritakan pengalamannya, tentang limgkungannya, kemudian saya beri tebak-teakan bahasa inggris, mereka suka sekali jika diberi tebak-tebakan. Belum usai, kak jimmy ke kelas meminta saya kelur karena ada acara anak sukwana. Yuppuuuuuuu makan. Saa sudah kenyang, menunya rujak, karena ibu saya sudah menjemput saya, saya bawa pulang. Dan berpamitan dengan yang lain.
----------------------------------
hari jumat . . .
menggunakan pakaian batik dan rok coklat. Saya berangkat dan di sapa oleh murid-murid yang bersepeda *rajin dan sejuk dilihat yaa. Hari itu ada guru yang tidak mengajar karena sakit. Saya disuruh mengajar kelas 3B waktu itu. Anaknya lucu-lucu tapi juga nakal, pertama masuk baca doa, perkenalan, rame banget, bahas pelajaran matematika,  disini muriidnya ada yang ganteng, ada yang cantik, nakal, imut, endut but very happily in here. setelah mengajar bel istirahat, asuk lagi kmudian pelajaran apa saya lup supaya ga rame saya suruh tulis di papan. Kemudian pulanggggggggg . yeah menyenangkan sekali.

Kemudian hari sabtu . . .
            Seperti biasa kesekolah dan anda tahu ? *pasti enggak. Kasi tau nggak ya?
hahahaha *najyong deh aku :s. Iyya saya tidak mengajar sama sekali, pada saat itu  semua murid  di pulangkan secepat kilat. Nggak ih. Kira-kira jam 09.30 setelah istirahat. Karena disini ada pertemuan yang ngebahas tentang PAKEM (Pembelajaran yang Aktif, Kreatif dan Menyenangkan).  Disini di ajarkan banyak hal tentang bagaimana cara seorang guru mengajar, melihat kemampuan anak didiknya, dan masih banyak lagi yang lainnya . untunglah ada camilan sebagai pengganjal prut. Karena saat itu saya merasakan lapar yang teramat sangat. Sekian dan terimakasih inilah kisah saya disekolah selama satu minggu  ^.^
--------------------------------------------
kemudin dihari minggu . . .
            Kira-kira pukul 09.15 wib, ada segerombolan anak kelas 6A datang kerumah jumlahnya ada 6 orang. 5 cewek 1 cowok dari kelas 6B tapi saya tidak pernah mengajarnya. Tau gak mereka bawa apa? Mereka bawa mangga . bela-belain kerumah pengen rujakan . kasian siih. Tapi menyenaangkan . terimakasih ya sudah mau berkunjung ke rumah . kapan-kapan maen yaaa. Sekian :D
capek nulisnya ntar di sambung lagi deh 
selamat beristirahat. :x

*ini tulisan sudah lama tapi baru saya poskan disini*


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar